Tips & Trik
Tips Membersihkan Lantai Epoxy dari Cairan Oli

Tips Membersihkan Lantai Epoxy dari Cairan Oli

Tips membersihkan lantai epoxy dari cairan oli dapat dilakukan dengan cara yang mudah. Pastinya tidak jarang menemukan oli-oli berceceran baik itu pada garasi atau pada gedung di pabrik atau industri yang lainnya.

Membiarkan oli berceceran begitu saja dapat merusak kualitas pada lantai epoxy. Lalu bagaimana cara membersihkannya? Simak tips berikut ini!

Menyemprotkan dengan Menggunakan Cairan Pembersih

Tips membersihkan lantai epoxy yang pertama yaitu dengan menggunakan cairan pembersih. Anda bisa menggunakan jenis-jenis pembersih yang mengandung concentrate, meskipun tergolong ke dalam bahan yang bersifat keras. Akan tetapi cara ini sangat ampuh untuk penghilang noda yang dapat menyebabkan karat. Namun, perlu untuk memperhatikan beberapa jenis bahan pembersih yang perlu untuk dihindari.

Baca Juga : Kontraktor Epoxy Lantai Tegal Terpercaya

Salah satunya yaitu jenis pembersih yang mengandung jeruk atau cuka. Hal ini dapat menyebabkan lantai epoxy menjadi tidak mengkilap lagi. Selain itu, hindari penggunaan pembersih dengan sabun. Karena jenis sabun dapat meninggalkan bekas goresan pada lantai. Bahkan dapat menyebabkan tekstur lantai menjadi lebih licin.

Menyikat Noda Menggunakan Sikat Nilon

Tips selanjutnya yaitu dengan menyikat noda menggunakan sikat yang berbahan dasar nilon. Pada saat Anda telah menyemprotkan pembersih noda, selanjutnya yaitu dengan menyikat secara perlahan permukaan lantai. Hal ini merupakan cara yang efektif untuk membersihkan noda yang membandel.

Keunggulan dari sikat nilon yaitu dapat membersihkan noda dengan cara yang sangat maksimal tanpa meninggalkan bekas goresan sedikitpun. Pada saat lantai epoxy terkenal tumpahan oli, sebaiknya segera lakukan pembersihan, agar tidak sampai merusak kualitas pada lantai.

Membilas Menggunakan Air Bersih

Setelah melakukan proses penyikatan, Anda bisa melanjutkan dengan cara membilas lantai menggunakan air yang bersih. Jenis air yang digunakan lebih baik menggunakan air dingin.

Hindari penggunaan jenis air yang mempunyai suhu lebih hangat. Hal tersebut bertujuan untuk meminimalisir munculnya gelembung pada permukaan lantai yang telah dilapisi dengan cat epoxy. Apabila hal tersebut sampai terjadi, Anda harus memanggil jasa aplikator epoxy untuk mengatasinya.

Menggunakan Campuran Larutan Asam Laktat

Apabila noda tersebut tetap saja membandel, Anda bisa menggunakan campuran asam laktat dengan air hangat, perbandingannya yaitu 1:1. Anda bisa mengoleskan larutan tersebut pada permukaan noda yang membandel lalu gosok secara perlahan menggunakan sikat nilon.

Pada tahap ini sangat perlu untuk memperhatikan waktu penggosokan pada lantai. Jangan sampai cairan ini terlalu lama menempel pada permukaan lantai. Hal tersebut dapat merusak lapisan permukaan lantai yang telah dilapisi epoxy. Karena campuran larutan asam laktat dan air hangat mengandung sifat yang sangat keras.

Mengeringkan dengan Handuk yang Lembut

Tips membersihkan lantai epoxy yang terakhir yaitu dengan mengeringkan lantai menggunakan handuk yang bersifat lembut. Setelah Anda membersihkan dengan langkah-langkah yang telah dijelaskan sebelumnya.

Pada tahap yang terakhir yaitu dengan cara mengeringkannya. Hal ini bertujuan untuk menghindari kondisi lantai yang lembab. Pastikan Anda mengeringkan lantai menggunakan handuk yang sangat lembut. Dengan demikian, lantai tersebut tidak akan meninggalkan bekas goresan yang akan merusak kualitas lantai.

Nah, itulah beberapa tips membersihkan lantai epoxy yang terkena noda oli. Jika noda tersebut tetap tidak hilang, Anda bisa menggunakan jasa pengecatan epoxy dari Bumi Adi Citra untuk mengembalikan lantai tersebut menjadi kembali mengkilap. Perusahaan ini sudah sangat terkenal akan kemampuannya dalam membuat lantai menjadi lebih kokoh dan tampak elegan.

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen − 8 =